Komplikasi dan Cara Mengobati Cacar Ular

Komplikasi dan Cara Mengobati Cacar Ular biasanya timbul beberapa tahun setelah infeksi cacar air. Cacar ular disebabkan oleh virus varisela yang berada laten di jaras saraf sensorik setelah pasien pulih dari cacar air. Apabila virus tersebut muncul kembali, maka disebut zoster. Herpes zoster biasanya dijumpai pada lansia atau pada orang dengan penurunan sistem imun yang disebabkan oleh penyakit atau stress. Herpes zoster tampaknya ditularkan melalui kontak langusng dengan lesi.

Dalam gambaran klinis

Cacar ular biasanya terdapat di kulit secara uni lateral (satu area tubuh) di sepanjang dermatom yang terinfeksi. Tempat yang sering terinfeksi adalah wajah, leher, dan dada. Lesi dapat berukuran kecil atau besar dalam jumlah yang sedikit atau banyak. Cacar ular dapat sangat menyakitkan.

komplikasi dan cara mengobati cacar ular

komplikasi dan cara mengobati cacar ular

Komplikasi dan Cara Mengobati Cacar Ular

Komplikasi muncul akibat penyakit yang diderita tidak segera diobati. Komplikasi yang muncul adalah sebagai berikut:

– Jika cacar ular terjai pada bagian di sekitar wajah dan melewati mata, maka dapat menyebabkan kebutaan.

– JIka herpes zoster terjadi di sekitar wajah saja dan mengenai saraf otak yang menpersarafi muka, maka dapat menyebabkan timbulnya sindrom Ramsay Hunt yakni otot wajah akan lumpuh disertai gangguan pendengaran, muntah-muntah dan vertigo.

– Ensifalitis atau infeksi yang serius yang terjadi pada otak. Apabila tidak diambil tindakan untuk segera diobati sekitar 60 hingga 80% orang yang mengidap penyakit cacar ular akan terus berkembang dan menjadi koma dan akhirnya akan meninggal dalam beberapa hari setelah penderita koma. Sedangkan orang sembuh sering mengalami pemburukan, kategori pemburukan yang terjadi pada sistem saraf sedang hingga kelumpuhan.

– Penyakit cacar ular atau herpes zoster yang menyerang seseorang dengan rentang usia 40 tahun, akan terjadi komplikasi yang cukup mengkhawatirkan yakni rasa sakit dan nyeri yang begitu berat yaitu neuralgia pascaherpetik yakni rasa nyeri pada timbulnya cacar ular yang pernah terkena setelah sembuh. Angka kejadian neuralgia pascaherpetik ini tidak begitu besar hanya 10-15 % Namun rasa nyeri tersebut cukup menyiksa penderitanya, meskipun dapat hilang dengan sendirinya.

– Infeksi yang terjadi pada liver dapat menyebabkan penbengkakan pada liver anda dan akhirnya akan menjadi gagal liver.

– Komplikasi pada paru paru yang akan menyebabkan terjadinya radang paru paru atau dalam dunia medis disebut dengan pneumonia.

– Komplikasi yang terjadi pada daerah kemaluan seperti: genital neuralgia vagina (daerah kelamin wanita)

– Komplikasi dan cara mengobati cacar ular yang terjadi pada wanita hamil, virus dapat masuk melalui plasenta dan masuk ke dalam peredaran darah janin sehingga dapat mengakibatkan kerusakan atau kematian pada janin yang dikandung. Dan dapat diobati dengan menggunakan vaksin ini untuk mencegah bayi terinfeksi penyakit cacar yang diderita sang ibu.

– Pada wanita, komplikasi dan cara mengobati cacar ular dari virus yang menimbulkan penyakit cacar ini juga berhubungan dengan kanker payudara dan harus segera melakukan pemeriksaan kedokter.

Penyakit ini khas badan sejalan dengan syaraf yang terkena dan jika tidak akan melingkar satu badan. Biasanya akan timbul pada orang dewasa dengan batas umur diatas usia 50 tahun. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini seperti: sebelum muncul adanya benjolan, akan timbul demam, pusing, lemas, nyeri otot dan tulang, gatal, pegal. Bahkan mulai muncul nyeri bisa seperti sakit jantung atau nyeri pleura pada paru-paru. kemudian muncul benjolan-benjolan kecil (vesikel) di kulit, merah, hitam, scar, bahkan bisa hingga berdarah, nyeri pada benjolan, rasa terbakar, tajam. Jika di kepala akan terasa sakit sekali. Jika di punggung, vesikel muncul dari sisi tulang belakang (dari belakang ke tengah).

Komplikasi dan cara mengobati cacar ular ini cukup sederhana, umumnya dokter akan memberikan vaksinasi atau obat anti nyeri dan obat pengurang risiko dari penyebaran virus varisela ini. Jenis obat dan vaksin yang diberikan sama dengan vaksin pada cacar air, yakni obat anti aksiklovir atau valasiklofir. Vaksinasi yang dapat diberikan sesuai kelompok tertentu mulai dari usia mereka. Untuk anak yang belum pernah mengalami atau menderita penyakit cacar ular ini dapat diberikan vaksin ketika umur si bayi sekitar 12-18 bulan.

Sedangkan komplikasi dan cara mengobati cacar ular pada orang dewasa yang belum perbah menderita penyakit cacar ular dan harus diberikan vaksin ketika orang tersebut bekerja atau bertempat tinggal dilingkungan yang sangat mudah untuk terjangkit cacar air dan sangat mudah penyebarannya.

Varicella Zoster Immunoglobulin (VZIG) yang termasuk dalam salah satu vaksin yang digunakan untuk mencegah penyakit cacar ular. VZIG adalah zat kekebalan terhadap virus penyebab cacar ular. VZIG hanya diberikan pada kelompok-kelompok tertentu yang sudah tercatat dalam dunia medis dan kedokteran:

1. Orang dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah dan biasanya terjadi pada orang yang sudah lanut usia.

2. Komplikasi dan cara mengobati cacar ular pada wanita yang sedang hamil yang terpapar kasus cacar air dan belum pernah terkena cacar air sebelumnya harus diberi vaksin ini untuk mencegah adanya infeksi virus cacar ular yang dapat membahayakan janin.

3.Bayi dibawah usia 28 hari yang lahir dari usia kahamilan kurang dari 28 minggu atau berat lahirnya kurang dari 1000 gram

4. Bayi dibawah usia 28 hari yang ibunya terpapar kasus cacar air atau yang mengalami cacar air antara 7 hari sebelum persalinan hingga 7 hari setelah persalinan  diberikan vaksin ini dengan rutin sebagai pencegahan penyakit terinfeksi pada bayi.


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Cacar Ular dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cacar Ular and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *