Gejala Penyakit Cacar Ular

Gejala Penyakit Cacar Ular atau herpes zoster muncul karena penyebabnya dari virus cacar air. Orang yang kena penyakit ini biasanya sudah pernah kena cacar air. Sewaktu penyakit cacar airnya sembuh, ada virus yang masih hidup dan bersembunyi di simpul saraf dalam tubuh kita (bisa puluhan tahun). Jika daya tahan tubuh kita turun misalnya karena terlalu lelah dan stres, maka virus yang bersembunyi tadi keluar menyerang saraf-saraf kulit. Terjadilah gejala penyakit cacar ular ini.

Gejala penyakit cacar ular ini selalu menyerang separuh saja dari tubuh dan tidak menyebar.

–         Muncul bentol merah dengan bentuknya berupa gelembung-gelembung berisi air yang menggerombol, dan terasa nyeri dan panas sekali.

–         Gejala Penyakit Cacar Ular lainnya adalah demam ringan, menggigil, sesak nafas, nyeri pada persendian atau pegal di satu tubuh.

–         Gejala yang ditimbulkan pada penyakit ini sekelompok yang menyerupai bagan belakang tubuh dan menjalar kearah depan pada salah satu bagian sisi tubuh.

–         Penyakit cacar ular dapat menyerang bagian tubuh di mana saa seperti pada kulit wajah, leher, perut, dada, pinggang, bokong, sampai bagian kaki tetapi hanya sebagian tubuh saja.

Cacar ular berlangsung salam beberapa hari saja. Penyakit ini dapat hilang dalam waktu 10 hari hingga 2 minggu dan juga dapat meninggalkan rasa nyeri yang berkepanjangan.

Pada orangtua berusia lebih dari 50 tahun sebaiknya cepat diobati oleh dokter. Bila tidak, bisa menyebabkan nyeri saraf menetap setelah herpes (neuralgia paska herpes), yaitu gejala penyakit cacar ular, kulitnya sudah normal tapi tetap terasa sangat nyeri sampai bertahun-tahun. Herpes zooster ini hampir tidak ernah kambuh lagi.

Cacar ular biasanya terdapat di kulit secara unilateral (satu area tubuh) di sepanjang dermatom yang terinfeksi. Tempat yang sering terinfeksi wajah, leher, dan dada. Lesi dapat berukuran kecil atau besar dalam jumlah yang sedikit atau banyak. Cacar ular dapat sangat menyakitkan.

Penyebab dari munculnya gejala penyakit cacar ular.

Faktor –faktor yang menyebabkan reaktivasi dari virus penyakit ini adalah:

– Daya tahan tubuh anda yang mudah menrun.

– cencer.

– leokimia.

– HIV/AIDS

Gejala penyakit cacar ular yang paling banyak terjadi adanya virus-virus yang bersembunyi di ganglion saraf dada anda, tapi juga bisa di ganglion saraf otak atau lainnya. Tempat yang disukai dari virus ini akan melakukan serangan selalu adalah daerah yang dipersarafi oleh saraf tersebut. Jadi bentuknya akan melingkar. Misalnya di ganglion saraf dada keempat (yang sejajar dengan putting susu) kanan, maka di sepanjang jalan saraf itu dari punggung sampai ke depan melingkar ke arah dada.

Seseorang yang menderita gejala penyakit cacar air bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi menurun terutama pada pasien dengan sistem kekebalan yang kurang seperti penderita HIV atau pasien yang sedang menjalani kemoterapi yang membutuhkan dosis yang tinggi karena memiliki komplikasi yang cukup serius.

Komplikasi gejala penyakit cacar air yang dimaksud adalah:

1. Gejala Penyakit Cacar Ular yang muncul pada mata mengakibatkan tergoresnya kornea dan akhirnya menimbulkan efek kebutaan.

2. infeksi pada paru-paru menyebabkan pneumonia atau yang sering kita kenal dengan radang paru paru.

3. Gejala dari penyakit cacar ular yang muncul pada wanita hamil, apabila virus dapat masuk melalui plasenta dan masuk kedalam peredaran darah janin yang dapat mengakibatkan kerusakan atau bahkan yang lebih buruk dari itu adalah kematian pada janin.

4. Pada wanita, perlu diketahui bahwa komplikasi dari virus penyakit cacar ular ini juga berhubungan dengan penyakit kanker payu udara.

Pada penderita gejala penyakit cacar air disarankan untuk mandi supaya tetap mandi. Mandi dan kelainan kulit yang terjaga kebersihannya berguna untuk mencegah terjadinya infeksi bakteri yang lebih parah. Pengobatan pada penyakit cacar ular ini adalah dengan menggunakan antivirus yang diberikan tidak terlambat dalam tempo maksimal 72 jam sesudah timbulnya kelainan pada kulit anda. Pada anak anda yang masih muda dan sehat antivirus tidak begitu diperlukan karena tubuh masih mempunyai kekuatan untuk menyembuhkan diri dari virus tersebut sendiri.

Ditambah dengan perawatan yang baik dirumah untuk membantu mempercepat penyembuhan gejala penyakit cacar ular pada diri anda seperti rawat semua kulit tubuh anda dan jaga agartetap bersih dengan cara mandi dan selalu mengganti baju anda yang terkena debu dan kena biang keringat. Minum obat yang sesuai dengan aturan pakai yang sudah diberikan oleh dokter anda. Jika anda terganggu dengan rasa sakit yang muncul akibat gejala penyakit tersebut langsung beritahukan kepada dokter anda. Kemungkinan dokter akan memberikan obat atau resep yang dapat anda gunakan sebagai pereda rasa nyeri atau menyarankan anda untuk menggunakan obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotik-apotik sekitar rumah anda.

Gejala yang muncul penyakit cacar ular dapat dicegah dengan memberikan vaksinasi sesuai dengan kelompoknya masing-masing yang sudah ditentukan olah pihak kesehatan. Untuk anak balita yang belum pernah terjangkit penyakit cacar ular vaksinasi yang diberikan pada umur 12 hingga 18 bulan dengan satu dosis vaksin dan pada anak usia 19 bulan hingga 13 tahun juga dapat diberikan vaksin dengan satu dosis saja.


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Cacar Ular dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cacar Ular and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *